Menjelang Ramadhan : Sebuah Reportase FAS

Standar

Sehari sebelum Ramadhan. hmmm…aku senaaannggg sekali. Membersamai adik-adik TPQ Al-Mustaqim Cinet dalam lomba-lomba dalam rangka Festival Anak Soleh yang diadakan oleh Badko Kecamatan Gondangrejo. Dengan penuh semangat, kita meluncur ke arena pertandingan di SMPN 2 Gondangrejo. Meski persiapan dan latihan cuma sekali dan hanya 1 jam saja, adik-adik tetap pede maju ke arena. Pahlawan-pahlawan cilikku antara lain : Fanda dan Hafifah (mewarnai); Ella (Puisi);Ihsan (Da’i Cilik); Atok (Tartil); Nita (Hafalan); Ayu (kaligrafi);Eka, Latifah, Alvi, Sulis dan Ahsan (Hasta karya); Ulfi, Cantika dan Dika (CCQ) serta Yoga, Fahri, Fikri, Vinka dan Elli (sholat berjama’ah).

berbagai kejadian lucu mengiringi perjuangan kita disana. Dari Fahri yang tiba-tiba bilang ga hafal do’a sujud, trus Ella yang baca puisinya bikin aku tepok jidat berkali-kali (secara aku yang bertanggungjawab nglatih dia), Ihsan malah baca teks kayak orang balapan, tim hasta karya yang kekurangan bahan baku (akhirnya aku mulung kardus bekas snack.heuheu). Sampai makan siang bareng di sebuah warung mie ayam. seruu abis. apalagi ditemani kawan-kawan pengajar yang cantik-cantik dan masih ABG. ada Fani, Ana, Vera, Chikita dan tentu saja Uatdzah Eny (mamah kita).

ketika satu per satu pemenang diumumkan, kami tegang sekaligus harap-harap cemas. Ada beberapa yang memang kami unggulkan. Namun, apa mau dikata. Tak ada satu piala pun berkenan kami bawa pulang. Begitu pula doorprise yang disediakan panitia berupa tas, meja lipat, dan sepeda; tak berhasil kami cangking.

Anyway, kebersamaan dalam perjuangan inilah yang penting. melihat keceriaan mereka, menatap teduh telaga kejujuran di mata mereka, kerja keras mereka. Aku bangga sempat menjadi teman mereka. semoga di masa depan, mereka menjadi generasi Qur’ani yang mampu membangun bangsa. amin

salut buat panitia. Acara yang sangat hebat (Wahab mesti Ge-er). Meski banyak kekurangan disana sini, itu hal wajar untuk suatu acara umum. Tapi yang aku suka, pemilihan waktu yang sangat tepat. Sehari sebelum ramadhan. kebiasaan di kampungku adalah pergi berwisata ke daerah ‘berair’ alias padusan. Bahkan ada anak yang batal ikut lomba karena diajak pergi oleh orang tuanya. Dengan adanya acara ini, sekaligus mengajarkan anak untuk tidak mengenal padusan, karena memang tidak ada aturannya dalam Islam. Padusan hanya sebuah simbol tradisi. Islam hanya menganjurkan untuk membersihkan diri sebelum bulan Ramadhan tiba. Tapi bukan berarti harus mandi bersama-sama seperti yang terjadi sekarang ini. Sudah beda niat kalo itu mah.

haiah, kok malah bahas padusan.

Terima kasih buat BADKO Gondangrejo yang telah menyelenggarakan acara ini. semoga ada lomba-lomba lain yang dapat mempererat ukhuwah kita.

o iya, ini puisi  yang ku buat untuk lomba puisi di FAS. cuma 10 menit buatnya. sekaligus foto-foto pahlawan cilikku.

cekidot…

ROMADHON INI INDAH

 

Ini Romadhon, kawan

Di selubung waktu yang tak panjang

Ke sematkan niat  tuk tetap berjuang

Menjalani kewajibanku dengan hati senang

Lillahi Ta’ala, teriakku lantang

 

Ini Romadhon , kawan

Tugas kita tak sekedar berlapar

Tetapi menjemput rahmat dan belajar sabar

Menahan diri dari semua hal yang makar

Dan berusaha menjadi muslim yang tegar

 

Ini Romadhon, kawan

Setitik amal, pahalanya berlipat

Menempa diri menjadi muslim yang taat

Serta menghindarkan diri dari maksiat

Membimbing jiwa senantiasa bertobat

 

Ini Romadhon, kawan

Semata-mata untuk menahan lapar dan haus?

TIDAK, kawan

Karena Romadhon adalah indah

Karena Romadhon adalah barokah

Karena Romadhon adalah hidayah

Maka, sudah siapkah kita berbenah

 

Ini Romadhon kita

Romadhon-ku

Romadhon-mu

Ramadhan kita semua

 

“Romadhon ini bulan yang sangat indah

Bulan yang suci tuk melebur dosa

Romadhon ini bulan yang sangat indah

Panjatkan doa atas Allah semata(lagunya Seventeen nih)

berkreasilah...

Iklan

mari komen, mari bicara!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s